Istighfar sampai akhir hayat

Tuesday, July 16th 2013. | Journey

Istighfar

Istigfar sampai akhir hayatmu

Manusia memang tempat salah dan khilaf  dan Alloh SWT adalah dzat yang maha pengampun . Dua sifat yang  sangat berbeda dan Hanya Alloh yang maha dari segala maha. Mungkin kita manusia pernah melakukan kesalahan, baik itu kesalahan yang besar maupun kesalahn kecil. Dalam Islam ada suatu kesalahan yang tidak di ampuni oleh Alloh SWT yaitu Syirik , namun bagaimana dengan sifat Alloh SWT yang Maha pengampun , akankah  seorang manusia yang telah melakukan syirik akan di ampuni Dosanya ??? Padahal dalam Al quran jelas disebut kan bahwa syirik adalah perbuatan yang tidak diampuni oleh Alloh yaitu perbuatan yang menyekutukan Alloh SWT terhadap selain NYA.

Menjelang waktu sahur kemarin saya sempat mengikuti kajian Al-Misbah di salah satu stasiun TV swasta. Pada sesi Tanya jawab ada salah seorang audiens yang mengajukan pertanyaan sperti yang saya sampaikan pada paragraph di atas yang intinya Akankah Dosa seorang manusia itu pasti akan di ampuni oleh Alloh SWT jika manusia sudah bertobat ?? karena Alloh memiliki sifat Maha pengampun, dan dalam salah satu hadits juga disebutkan yang kurang lebih isinya yaitu “Bertobatlah kamu sekalian kepada Alloh SWT dengan tobat yang sesungguh2 nya , niscaya Alloh SWT akan mengampuni dosa dosamu”

Dari pernyataan diatas jika kita memahami secara awam tentunya akan muncul suatu dugaan bahwa Alloh pasti mengampuni Dosa umatnya yang bertobat dengan sungguh sungguh. Namun tahukah kita kapan Dosa kita akan diampuni oleh Alloh SWT setelah kita bertobat  ??? Apakah saat itu juga setelah bertobat dosa akan langsung diampuni , ataukah harus menunggu berbulan bulan ataukah bisa jadi bertahun tahun ???  Hanya Alloh SWT yang maha tahu dan ini merupakan Hak prerogative Alloh SWT tidak bisa di ganggu gugat.

Namun semua kemungkinan diampuninya dosa tersebut tentunya pasti ada, bisa jadi pada saat setelah kita bertobat dosa kita langsung di ampuni oleh Alloh SWT, sehingga sebaiknya dalam bertobat kita  sering sering membaca Istghfar sepanjang umur kita , karena jika dosa kita telah di ampuni oleh Alloh SWT dan kita terus istghfar maka hal itu dicatat oleh Alloh sebagai suatu kebajikan yang nanti akan kita lihat di akhirat. Karena hanya Alloh yang Maha tahu kapan dosa dosa hambanya yang bertobat akan di ampuni, dan kita sebgai hambanya sudah menjadi suatu kewajiban untuk terus menerus bertobat sampai akhir hayat kita.

Semoga Alloh SWT Mengampuni Dosa dosa kita. Amin…

Leave a Reply